https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Bangka Belitung Bakal Tingkatkan PSR

Bangka Belitung Bakal Tingkatkan PSR

Ilustrasi - perkebunan kelapa sawit.

Babel, kabarsawit.com - Ketua DPW Apkasindo Bangka Belitung (Babel), Sahurudin mengungkapkan potensi capaian Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Babel akan meningkat. Ha ini tentu berkaitan dengan disederhanakanya syarat pengajuan pada program yang dikelola oleh BPDPKS tersebut.

"Kalau syaratnya mudah tidak rumit, ya tidak menutup kemungkinan akan terjadi peningkatan capaian PSRnya," ujarnya kepada kabarsawit.com, Senin (29/5).

Kendati begitu, hal yang paling penting dilakukan pemerintah yakni mensosialisasikan kemudahan tersebut kepada petani. Kemudian juga melibatkan asosiasi petani kelapa sawit agar bisa langsung tepat sasaran.

"Sosialisasi harus lebih banyak," paparnya.

Seperti diketahui sejumlah persyaratan dalam pengajuan telah disederhanakan. Bahkan sebagian juga dihilangkan. 

Seperti kata Koordinator Gugus Tugas PSR untuk Provinsi Riau Muhammad Rizal Ismail yang mengatakan untuk mendapatkan bebas dari HGU, petani hanya perlu melakukan memasukkan titik koordinat di aplikasi Bhumi ATR BPN. Kemudian untuk masalah kawasan hutan, pihak KLHK saat ini dapat mengeluarkan surat bebas kawasan hutan secara kolektif.

Sementara untuk keterangan bebas dari lindung gambut dan foto lokasi dari udara minimal ketinggian 200 meter sudah ditiadakan.

"Saya kira regulasinya sudah tidak seperti tahun sebelumnya. Banyak kemudahan saat ini hanya tinggal komunikasi koordinasi untuk akselerasi saja," ujarnya beberapa waktu lalu.