https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Beruntung Riau Punya Sawit

Beruntung Riau Punya Sawit

Salah satu perkebunan kelapa sawit. foto. aziz

Pekanbaru, kabarsawit.com - Raut wajah Gubernur Riau Syamsuar terlihat sumringah, sebab Nilai Tukar Petani (NTP) mengalami kenaikan terus-menerus kemudian menjadi yang tertinggi di Indonesia hingga akhir tahun 2022.

Itu dikatakan Syamsuar saat melihat tabel data NTP yang baru saja dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau hari ini, Rabu, 04/02/2023 sambil mulutnya komat-kamit mengeja kolom demi kolom.

“Alhamdulillah, beruntung Riau punya sawit, sehingga NTP Riau naik terus dan kemudian menjadi yang tertinggi di Indonesia di akhir tahun 2022”, ujar bekas Bupati Siak dua periode ini.

Syamsuar mengklaim bahwa naiknya NTP menjadi pertanda bahwa perkonomian di Provinsi Riau terus mengalami peningkatan dan semakin membaik.

“Menaiknya NTP ini tentu saja menjadi pertanda bahwa perekonomian di Provinsi Riau semakin membaik pasca Covid-19,” ujar syamsuar sumringah. 

Data angka-angka yang dibaca Gubernur Riau ini antara lain; November 2022 NTP Riau 151,97. Angka ini meningkat 5,64% ketimbang NTP Riau bulan sebelumnya yang berada di angka 143,86. Bulan Desember, angka itu lagi menjadi 152,94. Inilah yang kemudian membikin NTP Riau melesak jauh di atas rata-rata  nasional yang hanya 109,00.