https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Cuaca Panas, Kebun Sawit di Seluma Dilahap Jago Merah

Cuaca Panas, Kebun Sawit di Seluma Dilahap Jago Merah

Kebakaran kebun sawit di Seluma. Foto: Dirgantara

Bengkulu, kabarsawit.com - Cuaca panas yang terjadi di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu sepekan terakhir berdampak pada kekeringan. Imbasnya, satu titik lahan sawit di kelurahan Pasar Tais Kecamatan Seluma Kota terbakar Kamis (27/4) siang.

Salah seorang saksi mata, Darwan Sugiriyanto mengatakan lahan sawit yang terbakar adalah milik MAN Model Kabupaten Seluma yang terletak di samping halaman Masjid Agung Baitul Falihin.

"Kami tidak tau sebabnya apa. Yang pasti cuaca dan udara di sini sangat panas, dan sumber api berasal dari rumput kering di pinggir lahan," kata dia.

Akibat kejadian itu membuat kepanikan bagi warga setempat dan pengguna jalan lintas Kabupaten Seluma. Tak lama, saksi mata pun langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Tiba-tiba saja mas, api muncul dilokasi lahan itu mas. Kondisi api cepat sekali membesar mas dan membakar sekitar lima pohon sawit yang ada," kata Darwan.

Tak berselang lama, petugas Damkar dengan membawa satu unit truk tangki pemadam kebakaran langsung menuju ke lokasi dan melakukan upaya pemadaman.

Tak membutuhkan waktu lama, api akhirnya dapat dipadamkan oleh petugas Damkar Kabupaten Seluma, sebelum menyambar lokasi lahan lainnya.

Sementara itu KasatPol PP dan Damkar Kabupaten Seluma, Rijono mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan kondisi cuaca panas saat ini. 

Pihaknya pun meminta agar masyarakat cepat respon dan mengawasi lahan kering yang dapat memicu kebakaran dengan terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak Damkar.

Selain itu, Ia juga menegaskan agar masyarakat jangan membersihkan lahan dengan membakarnya mengingat saat ini memasuki musim panas dan kemarau.