https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Dua Daerah Penghasil Sawit Jadi Tujuan Migrasi

Dua Daerah Penghasil Sawit Jadi Tujuan Migrasi

Kepala BMKG Bengkulu, Win Rizal.

Bengkulu, kabarsawit.com - Dua kabupaten penghasil komoditas kelapa sawit di Provinsi Bengkulu menjadi tujuan perpindahan penduduk berdasarkan survei BMKG 2023.

Kepala BMKG Bengkulu, Win Rizal mengatakan dua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara dengan besaran pertumbuhan penduduk masing-masing adalah 31,71 persen, dan 21,39 persen dari total penduduk 2.060.092 jiwa.

"Daerah penghasil sawit menjadi tujuan perpindahan penduduk dari kota ke desa maupun dari sementara ke permanen," kata Rizal kepada kabarsawit.com, kemarin.

Menurutnya, perpindahan penduduk dilatarbelakangi indikator pendapatan rumah tangga, di mana banyak masyarakat kota beranggapan bahwa hidup di desa lebih sederhana dan minim pengeluaran.

"Selain itu ada tujuan lain, yakni berkebun. Dengan lahan yang masih terbuka luas, sawit jadi prospek para pendatang," kata dia.

Rizal mengaku migrasi neto seumur hidup dan migrasi risen akibat peralihan pekerjaan cukup tinggi terjadi di kabupaten ini. 

Perpindahan ini juga dipengaruhi oleh adanya program transmigrasi yang disediakan pemerintah.

"Sejak 1990 itu transmigrasi berkelanjutan. Tujuannya jelas pada wilayah yang masih rendah penduduknya. Kalau saat ini bukan itu saja, tapi turut dipengaruhi oleh indeks perekonomian rumah tangga, yang mengira bertani sawit itu lebih menjanjikan," kata Rizal.