https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Petani Sawit Penggerak Perekonomian

Petani Sawit Penggerak Perekonomian

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful.

Bengkulu, kabarsawit.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyebutkan petani sawit menjadi unsur penggerak perekonomian daerah. Menjelang Hari Raya IdulFitri 1444 Hijriah, kontribusi petani sawit di daerah yang membelanjakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan mencapai 25 persen dari berbagai lapisan masyarakat.

"Petani sawit kontribusinya tertinggi kedua setelah ASN," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful kepada kabarsawit.com, kemarin.

Yenita mengatakan tingkat konsumsi petani sawit cukup tinggi ketika harga jual TBS sawit juga tinggi. Sebaliknya, ketika harga rendah, banyak petani sawit menunda belanjanya.

Sementara ASN, pada momentum lebaran saat ini hanya mengandalkan THR. 

"Di harga saat ini, sekitar Rp2.000 per kilogram, petani masih cukup terbantu untuk membeli kebutuhan seperti baju lebaran, daging ataupun untuk mudik," kata dia.

"Sementara ASN, ketika tidak ada THR, maka akan cukup sulit untuk berbelanja mengingat ada kebutuhan kredit yang dilakukan hampir merata," imbuhnya.

Pemerintah pun mengapresiasi perusahaan di daerah yang turut memenuhi hak pembayaran THR bagi karyawannya. 

Dengan keterlibatan petani sawit di daerah, perputaran uang dapat menopang pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu.

"Jika ditaksir, pertumbuhan ekonomi pada lebaran ini cukup tinggi, bisa di angka 5 persen di banding dengan bulan sebelumnya," kata Yenita.