https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Barito Timur Bakal Bangun Pabrik Sawit Mini, Aspek-PIR Bilang Begini...

Barito Timur Bakal Bangun Pabrik Sawit Mini, Aspek-PIR Bilang Begini...

Ilustrasi - TBS kelapa sawit di pabrik. Foto: PTPN

Jakarta, kabarsawit.com - Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera AY Mebas berencana akan membangun koperasi kelapa sawit dan pabrik mini di wilayahnya. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mendukung kesejahteraan para petani kelapa sawit di wilayahnya tersebut.

Langkah ini menjadi agenda Pemkab Bartim lantaran di wilayah itu terdapat 844 hektare kebun kelapa sawit. "Luasan kebun kelapa sawit di Bartim sudah sangat potensial untuk di bangun pabrik mini dengan didukung koperasi kelapa sawit," ujarnya.

Jika memiliki pabrik mini, maka daerah tersebut dapat menghasilkan CPO sendiri. Kemudian disuplai ke perusahaan besar yang ada di wilayah tersebut untuk disalurkan ke pasar ekspor.

Langkah ini tentu mendapat beragam tanggapan, seperti Aspek-PIR Indonesia yang mengaku mendukung terobosan tersebut. "Bagus, namun perlu persiapan yang matang," ujar Ketua Umum Aspek-PIR, Setiyono kepada kabarsawit.com, Sabtu (1/4).

Persiapan tersebut seperti berjalannya kelembagaan petani kelapa sawit. Kemudian juga pasar CPO hasil dari pabrik mini nantinya. 

"Harapan kita ini mendukung kesejahteraan petani kelapa sawit khususnya di Bartim. Lalu tentu menjadi contoh bagi daerah lain," tutupnya.