https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Menanti Kinerja Ahmad Muzakkir untuk Petani Sawit Kaltim

Menanti Kinerja Ahmad Muzakkir untuk Petani Sawit Kaltim

Ilustrasi - perkebunan kelapa sawit.

Kaltim, kabarsawit.com - Ahmad Muzakkir resmi dilantik sebagai Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Petani berharap di bawah kepemimpinan Ahmad kesejahteraan petani terjamin.

"Pertama kita ucapkan selamat kepada Kadisbun Ahmad Muzakkir. Kita berharap Pak Kadis mampu mendukung petani swadaya se-Kalimantan Timur (Kaltim)," kata Sekretaris APKASINDO Kaltim, Daru Widiyatmoko kepada kabarsawit.com, Jumat (31/3).

Bukan hanya itu, Daru juga berharap Ahmad dapat lebih fokus untuk keberlanjutan perkebunan kelapa sawit di Kaltim. Sebab saat ini kelapa sawit di Kaltim menjadi sektor yang seksi. Bahkan merupakan penopang ekonomi terbesar di Kaltim.

"Kita minta keberlanjutan perkebunan kelapa sawit menjadi target utama. Seperti peningkatan realisasi PSR. Kemudian juga menekan harga pupuk yang saat ini masih cukup tinggi," tandasnya.

Seperti diketahui saat ini potensi lahan yang dapat dipergunakan untuk pembangunan perkebunan kelapa sawit di Kaltim mencapai 905.544 hektare. Sementara pertumbuhan pembangunan kebun kelapa sawit juga cukup tinggi di wilayah itu.

Tercatat hingga 2022, luas kebun kelapa sawit di Kaltim mencapai 1,39 juta hektare. Tentu petani juga akan sangat senang jika memang masih ada lahan yang bisa dibangun untuk perkebunan kelapa sawit.

"Sebaiknya pemerintah memberikan informasi kepada petani Sawit swadaya, agar bisa ditanami sawit," bebernya.

Ini diungkapkan Daru lantaran ia khawatir pemerintah justru akan membuka peluang bagi para perusahaan atau pemodal untuk menggarap lahan tersebut. "Kalau itu terjadi, berarti pemerintah tidak berpihak kepada petani sawit swadaya," paparnya.