https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Optimalkan PAP Sektor Perkebunan Untuk Ekonomi Kalbar

Optimalkan PAP Sektor Perkebunan Untuk Ekonomi Kalbar

Ilustrasi - perkebunan kelapa sawit.

Kalbar, kabarsawit.com - Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Heronimus Hero menyampaikan pihaknya saat ini tengah mengoptimalkan penerimaan Pajak Air Permukaan (PAP) dari sektor perkebunan. Diharapkan langkah ini turut berkontribusi untuk menggerakkan perekonomian daerah.

"Ini akan kita optimalkan di seluruh wilayah Kalbar. Dimana kita hadirkan pendampingan dan berkuat koordinasi," terangnya kepada kabarsawit.com, Jumat (24/3).

Salah satu fokus penerimaan PAP adalah perkebunan kelapa sawit. Dimana Kalbar memiliki kebun kelapa sawit yang cukup luas. Dari catatannya, untuk kebun yang dikelola perusahaan swasta seluas 1,4 juta hektare. Lalu kebun mandiri 534 ribu hektare. Sisanya perkebunan negara ada sekitar 28 ribu hektare. 

"Karena air merupakan sumber daya alam milik bersama, maka akan dikenakan pajak jika dikomersilkan. Nah kita berharap perusahaan kelapa sawit komitmen dalam pembayaran pajak ini," paparnya.

Ia menambahkan, ada 368 izin perusahaan perkebunan kelapa sawit. Mayoritas berpotensi mengolah CPO sendiri. Ini didukung dengan 126 pabrik dengan berbagai kapasitas.

"Maka ini menjadi peluang untuk optimalisasi PAP tadi untuk menggerakkan perekonomian daerah. Bukan hanya kelapa sawit, kita juga akan optimalisasi di sektor perkebunan karet dan lainnya," tandasnya.