https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Warga Temukan Buaya di Perkebunan Sawit, Polisi Turun Tangan Lakukan Pengecekan

Warga Temukan Buaya di Perkebunan Sawit, Polisi Turun Tangan Lakukan Pengecekan

Buaya yang berhasil ditangkap langsung diikat agar tidak membahayakan. foto: ist.

Sei Rampah, kabarsawit.com - Warga di kawasan perkebunan sawit di Dusun VII, Desa Tanah Rendah, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, menemukan seekor buaya di parit pembuangan aliran Sungai Dalu-Dalu. Kemunculan buaya ini mengejutkan warga dan segera dilaporkan ke pihak kepolisian.

Kapolsek Indrapura, AKP Reynold Silalahi SH, bersama tim yang terdiri dari Kanit Tipidter Ipda Doni MH dan anggota lainnya, segera turun ke lokasi setelah menerima laporan. Penemuan buaya ini pertama kali dilaporkan oleh Sugiantoro alias Nanag (55), seorang warga yang sedang menjaga kebun sawit dan berniat menangkap ikan di parit tersebut.

Saat melihat buaya, Sugiantoro dan warga lainnya langsung mengamankan buaya tersebut dengan mengikatnya. Mereka kemudian membawanya ke perkampungan terdekat dan melaporkannya kepada Kepala Desa Aras, yang segera meneruskan laporan ke Polsek Indrapura.

Saksi lain, Edo (27), juga menyaksikan kejadian itu dan bersama warga lainnya berupaya memastikan bahwa buaya tidak membahayakan masyarakat. Mendapat laporan, Kapolsek dan tim segera menuju lokasi dan memberi himbauan kepada warga agar menjaga jarak dari buaya yang sudah diamankan.

"Kami juga berkoordinasi dengan Kanit IV Tipidter Sat Reskrim Polres Batu Bara, Dinas Kehutanan, dan BPBD Batu Bara untuk menangani buaya ini dengan aman," ungkap Kapolsek dalam rilis yang diterima pada Selasa (22/10).

Polisi melakukan tindakan di tempat kejadian, termasuk mengamankan situasi dan menghimbau warga agar tidak mendekati buaya. "Koordinasi lebih lanjut akan dilakukan untuk evakuasi buaya ke habitatnya sesuai prosedur keselamatan," tambahnya. Kapolsek menegaskan bahwa penemuan buaya ini menarik perhatian warga, namun situasi tetap kondusif dan buaya sudah berada dalam penanganan yang aman.