https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Upaya Penyelidikan Epidemiologi oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Empanang untuk Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Perumahan Karyawan PT KPI

Upaya Penyelidikan Epidemiologi oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Empanang untuk Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Perumahan Karyawan PT KPI

Nakes Puskesmas Empanang berdialog dengan keluarga karyawan perusahaan sawit yang tinggal di Pondok 1 Sawit Martanjung. foto: ist.

Putussibau, kabarsawit.com - Sejumlah tenaga kesehatan dari Puskesmas Empanang sedang melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi di kompleks perumahan karyawan PT KPI di Pondok 1 Sawit Martanjung, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut.

Menurut Tina AMd Kes, penanggung jawab kegiatan, "Penyelidikan Epidemiologi sangat penting untuk memahami distribusi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan dalam populasi." Kegiatan ini juga melibatkan bidan desa, masyarakat setempat, dan asisten perusahaan perkebunan sawit.

Dalam penyelidikan ini, Tina menekankan lima langkah pencegahan DBD. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi penularan DBD dan langkah-langkah penanggulangannya di sekitar tempat tinggal pasien.

Tina berharap masyarakat dapat lebih waspada terhadap penyakit DBD dan aktif dalam pencegahannya, seperti memeriksa jentik, menguras bak mandi setiap minggu, menggunakan kasa nyamuk, serta mengelola tempat penampungan air.

Penyelidikan Epidemiologi ini dilaksanakan setelah adanya laporan kasus DBD pada seorang karyawan sawit yang mengalami pendarahan dan dirujuk ke beberapa rumah sakit untuk perawatan.