https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Mahasiswa Unhas Raih Juara Pertama Lomba Riset Sawit Nasional 2024 dengan Inovasi Dissolvable Microarray

Mahasiswa Unhas Raih Juara Pertama Lomba Riset Sawit Nasional 2024 dengan Inovasi Dissolvable Microarray

Tim Unhas meraih juara pertama Lomba Riset Sawit 2024. foto: ist.

Makassar, kabarsawit.com - Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) mencapai prestasi membanggakan di Lomba Riset Sawit Nasional Tingkat Mahasiswa Tahun 2024, yang diadakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dalam Pekan Riset Sawit (Perisai) 2024 di Nusa Dua, Bali, pada Jumat (4/10) lalu.

Tim Unhas berhasil meraih juara pertama dengan riset berjudul “Pemanfaatan Tokoferol-Tokotrienol Minyak Sawit dan Selulosa Dermatitis Atopik dalam Bentuk Dissolvable Microarray.” Tim ini terdiri dari Khusnul Humayatul Jannah S, Christopher Kosasi Ko, dan Jihan Nabilah Isma dari Fakultas Farmasi, serta Felicia Virginia Thios dari Fakultas Kedokteran, dibimbing oleh Prof. Andi Dian Permana, Ph.D.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, Ph.D, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian mahasiswa Unhas. Dia menekankan bahwa prestasi ini mencerminkan kualitas riset mahasiswa dan menunjukkan daya saing tinggi Unhas di tingkat nasional.

Kompetisi ini telah berlangsung sejak 2023 dengan persaingan yang ketat, di mana lebih dari seribu proposal bersaing untuk memperebutkan 40 kuota pendanaan. Setelah melalui tahap seleksi, 10 finalis terpilih untuk mengikuti Perisai di Bali.

Setelah melewati proses panjang, tim Unhas akhirnya berhasil meraih juara pertama, sementara juara kedua diraih oleh Universitas Sebelas Maret dan juara ketiga oleh Universitas Sumatera Utara.

Prof. Ruslin mengapresiasi kerja keras tim dan dosen pembimbing yang telah mengharumkan nama universitas, berharap pencapaian ini dapat memotivasi mahasiswa lain untuk terus berinovasi dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.