https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Rata-rata Perusahaan Sawit di Bengkulu Beli TBS Rp1.904/Kg

Rata-rata Perusahaan Sawit di Bengkulu Beli TBS Rp1.904/Kg

Rapat penetapan harga TBS sawit di Bengkulu.

Bengkulu, kabarsawit.com - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Bengkulu ditetapkan sebesar Rp1.904,14/kg pada pekan kedua Februari 2023.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Bickman Panggar Besi mengatakan, pada periode ini harga TBS kelapa sawit mengalami penurunan.

Harga tertinggi di angka Rp2.182,59/kg dan harga terendah Rp1.625,69/kg. Harga ini pun disepakati oleh belasan pabrik kelapa sawit di daerah tersebut.

"Meski turun berdasarkan perhitungan invoice, untuk di lapangan, harga TBS kelapa sawit sudah berada di angka dua ribuan per kilogram," kata Bickman kepada kabarsawit.com, Rabu (16/2).

Bickman mengatakan, banyak PKS yang tidak hadir pada rapat dengan tim penetapan harga kemarin. Hasilnya angka yang keluar jauh lebih kecil dari pekan sebelumnya.

Karena itu, terhadap pabrik yang tidak hadir akan diberikan surat teguran mulai dari teguran pertama hingga ketiga.

"Jika tidak juga menuruti maka Dinas TPHP Provinsi bersama DPRD Provinsi dan pemerintah kabupaten akan turun langsung ke pabrik tersebut untuk melakukan pembinaan," tegasnya. 

Penindakan bagi pabrik nakal itu juga diamini Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Yevri Sudianto. "Kita mendukung apapun langkah yang akan diambil oleh dinas, karena penetapan harga TBS ini merupakan kesepakatan bersama melalui rapat tatap muka maupun rapat tim perumus berdasarkan invoice dari pabrik," tukasnya.