https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Gara-gara Salah Pilih Bibit, 500 Hektar Kebun Sawit di Bengkalis Bakal Direplanting, Padahal...

Gara-gara Salah Pilih Bibit, 500 Hektar Kebun Sawit di Bengkalis Bakal Direplanting, Padahal...

Ilustrasi/Dok.kabarsawit

Bengkalis, kabarsawit.com - Seluas 500 hektar kebun kelapa sawit milik anggota Koperasi Tekad Anak Negeri di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, akan diajukan untuk mengikuti program peremajaan sawit rakyat (PSR) yang didanai oleh BPDPKS.

Sekretaris Aspek-Pir Riau,Cahyo Virlianto mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi kepada anggota koperasi sekaligus pendataan kebun yang akan diajukan ke BPDPKS.

"Ini merupakan koperasi binaan Aspek-PIR Riau, sehingga kita lakukan pendampingan untuk pengajuan program PSR ini ke BPDPKS," ujarnya, Sabtu (7/9).

Cahyo mengatakan, ratusan kebun yang berada di Kelurahan Batu Panjang dan Terkul itu sebenarnya masih berusia 12-22 tahun. Seharusnya di usia itu kebun kelapa sawit sedang berproduksi bagus. Namun ternyata produksi kebun rendah lantaran saat awal pembangunan petani tidak memilih bibit yang berkualitas.

"Bibitnya tidak diketahui sumbernya. Akhirnya produksinya rendah, yakni kurang dari 10 ton per hektar per tahun," sebutnya.

Selain PSR, menurut Cahyo, pihaknya juga akan mengajukan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) ke BPDPKS.

"Kita masih melakukan sosialisasi kepada petani, kemudian juga mengumpulkan dokumen-dokumen untuk melengkapi syarat pengajuan sarpras. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa diajukan," pungkasnya.