https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Selamat! Pengurus Apkasindo Kukar Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Selamat! Pengurus Apkasindo Kukar Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Kukar, kabarsawit.com - Pengurus DPD Apkasindo Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur resmi dikukuhkan, Sabtu (7/9). Pengurus periode 2024-2029 ini dinakhodai oleh Jumadi.

Jumadi berharap hadirnya Apkasindo di Kukar dapat menjadi tempat naungan bagi para petani kelapa sawit sehingga petani lebih terarah dan terlindungi.

"Target kita petani mendapat banyak manfaat positif dengan hadirnya Apkasindo. Seperti wawasannya bertambah, terarah bahkan terlindungi. Sehingga petani semakin sejahtera," ujarnya usai dikukuhkan yang disaksikan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, siang tadi.

Menurutnya, ada beberapa program yang akan dijalankan sepanjang periode kepemimpinannya. Garis besarnya adalah menyelesaikan sejumlah permasalahan petani di perkebunan kelapa sawit, mulai dari permasalahan lahan dalam kawasan hutan hingga kesetaraan petani dan perusahaan.

"Pemerintah Kukar sangat mendukung Apkasindo. Sebab organisasi ini dinilai membantu pemerintah terutama pada seluk beluk perkebunan kelapa sawit. Mulai dari pendataan hingga permasalahan yang timbul di tengah-tengah petani. Dan kita akan terus bersinergi memperjuangkan petani kelapa sawit agar lebih sejahtera," bebernya.

Jumadi juga setuju dengan arahan pemerintah Kukar yang lebih fokus pada peningkatan produksi perkebunan yang ada ketimbang menambah izin operasi perusahaan skala besar. Sebab, banyak areal HGU di Kukar juga bermasalah.

"Kalau penambahan luasan kebun rakyat, pasti terjadi. Sebab banyak juga masyarakat yang memiliki lahan dan berencana ditanami kelapa sawit. Tapi untuk perusahaan besar yang butuh luasan sampai ratusan hektar, tentu sudah sulit. Makanya pemerintah fokus untuk memaksimalkan kebun yang ada," paparnya.

"Kita juga menyambut baik ajakan Pemkab Kukar agar Apkasindo ikut terlibat dalam menyukseskan lini usaha perusahaan daerah," tandasnya.