https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Mahasiswa Mengeluh Karena Keterlambatan Penerimaan Beasiswa Sawit

Mahasiswa Mengeluh Karena Keterlambatan Penerimaan Beasiswa Sawit

Pekanbaru, kabarsawit.com – Sejumlah mahasiswa mengeluh karena terlambat menerima beasiswa sawit. Mereka lantas mengadukan nasibnya ke Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo).

Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat Manurung, mengatakan, para mahasiswa sangat berharap Apkasindo membantu mencari solusi. "Kami di Apkasindo merasa bertanggung jawab untuk mencari solusi bagi mereka," jelas Gulat, Jumat (16/8).

Dia mengaku prihatinan karena masalah ini terus berulang. Menurutnya, banyak mahasiswa penerima beasiswa dari keluarga kurang mampu harus menahan lapar karena dana yang seharusnya mereka terima terlambat dicairkan hingga tiga bulan.

"Anak-anak kami di tanah rantau sering tak punya uang. Orang tua mereka sudah menganggap beasiswa ini sebagai penopang utama, apalagi mereka berasal dari keluarga kurang mampu," ungkapnya. 

Gulat menekankan bahwa masalah ini bukan hal baru sehingga mendesak untuk diselesaikan. "Sudah tujuh tahun masalah keterlambatan beasiswa ini belum terselesaikan. Ini patut untuk dievaluasi. Di tahun 2024 ini, kami berharap tidak ada lagi keterlambatan pembayaran beasiswa dengan berbagai alasan," tegasnya.

Dia lantas mengingatkan tanggung jawab kampus dalam mengelola dana beasiswa sawit. "Jika kampus tidak bertanggung jawab dalam mengurus beasiswa anak-anak kami, BPDPKS harus berani mengambil tindakan dengan tidak menyertakan kampus tersebut dalam program beasiswa tahun depan," tambahnya.

Dia juga mengusulkan agar asosiasi petani dan korporasi terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan beasiswa sawit. "Ini bukan hanya tanggung jawab penyelenggara beasiswa saja," tutupnya.