https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Tak Hanya PKS Mini, PT Inti Sawit Gemilang Juga akan Bangun Pamigo di Sambas Kalbar

Tak Hanya PKS Mini, PT Inti Sawit Gemilang Juga akan Bangun Pamigo di Sambas Kalbar

Foto ilustrasi pabrik kelapa sawit mini. Dok ptki.ac.id

Sambas, elaeis.co - Setelah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mini, PT Inti Sawit Gemilang (ISG) juga berencana membangun pabrik minyak goreng (Pamigo) di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Kita ada menuju kesana (Pamigo). Sebab Pak Bupati juga sudah memberikan arahan untuk ke tahap itu. Malah bukan hanya minyak goreng nanti juga akan ada pembuatan oli," kata Direktur PT ISG H Maricar, Selasa (6/8).

Saat ini, kata Maricar, pihaknya tengah mencari mesin pembuatan produksi minyak goreng yang sesuai dengan standar. Bahkan jika rencana ini benar-benar terealisasi, maka perusahaan juga akan melibatkan masyarakat sekitar yang notabenenya adalah petani kelapa sawit.

"Yang pasti kita akan maksimalkan operasional PKS mini kita dulu. Sebab saat ini kita masih tahap persiapan untuk operasi dan menerima buah kelapa sawit dari petani," ujarnya.

Pengoprasian PKS mini itu kata Maricar masih membutuhkan waktu. Sehingga pihaknya baru akan menerima atau membeli TBS sawit petani bulan depan.

Terkait harga, lanjutnya, hasil kebun petani nantinya akan dibeli dengan sesuai pasaran pada umumnya. Dimana saat ini harga TBS di wilayah itu mencapai Rp2.600/kg.

"Kita berharap, kehadiran perusahaan dapat memberi manfaat bagi petani dan juga masyarakat sekitar. Meski memang kapasitas kita masih tergolong kecil yakni 5 ton/jam," ujarnya.