https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Tiga Pabrik Sawit Bakal Berdiri di Seluma

Tiga Pabrik Sawit Bakal Berdiri di Seluma

Ilustrasi-pabrik kelapa sawit. Foto: Dirgantara

Bengkulu, kabarsawit.com - Jika tidak ada aral melintang, pertengahan tahun ini bakal dibikin tiga pabrik sawit baru di Kabupaten Seluma, Bengkulu.

Ketiga pabrik itu bernama PT Seluma Sawit Kandiri, PT Bengkulu Sawit Lestari, dan PT Sinar Bengkulu Inti.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Seluma, Mulyadi mengatakan, satu persatu persyaratan sudah mulai diberesin oleh perusahaan. Ada yang tinggal membereskan sisi administrasi. Ada pula yang tengah mengurusin pelepasan lahan.

Contohnya, PT Seluma Sawit Kandiri. Perusahaan ini tengah mengurus pembebasan lahan seluas 30 hektare di Desa Suka Bulan, Kecamatan Talo Kecil. 

Menurut Mulyadi, dibukanya ketiga pabrik ini akan menguntungkan bagi masyarakat. Selain bisa mempekerjakan tenaga lokal, juga memberikan pilihan harga TBS sawit bagi petani.

"Adanya pabrik-pabrik itu bisa menggerakkan perekonomian masyarakat. Khusus petani, bisa menjadi pilihan harga. Apalagi petani yang wilayahnya belum ada pabrik, sangat untung," ujarnya, kemarin.

Bagi tengkulak atau pengusaha lokal, lanjutnya, akan terbantu di sisi operasional dengan memangkas biaya transportasi. 

"Kalau sudah banyak pabrik, maka tidak ada lagi mengantri truk di pabrik. Biasanya sampai tiga empat hari mengantri. Walau keberadaan pabrik berdampak positif, kita tetap ingatkan kepada manajemen pabrik, agar tetap mematuhi aturan berinvestasi di daerah," tukasnya.