https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Dukung Cooling System Pemilu 2024 Pemerintah Adakan Gerakan Pangan Murah

Dukung Cooling System Pemilu 2024 Pemerintah Adakan Gerakan Pangan Murah

Pasar murah sembako di Batola, foto : Diskominfo Batola

Marabahan, kabarsawit.com - Kabupaten Barito Kuala (Batola) di provinsi Kalimantan Selatan melakukan jual sembako murah untuk mendukung Cooling System pada pemilu 2024.

Acara dilaksanakan di Lapangan 5 Desember di Kabupaten Marabahan dan dibuka oleh Mujiyat MPd, PJ. Bupati Barito Kuala.

Mujiat menuturkan, kegiatan gerakan Pangan Murah sangat strategis karena menjaga kestabilan ketersediaan pangan dan pengaturan harga pangan.

"Kegiatan seperti itu sangat penting untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dan mengendalikan inflasi lokal agar dapat mempengaruhi makroekonomi, oleh karena itu gerakan pangan murah tidak hanya bertujuan untuk memastikan keseimbangan ketersediaan pangan, tetapi juga untuk menjaga keseimbangan.keseimbangan harga bahan makanan pokok, keterjangkauan, aksesibilitas, distribusi tanpa gangguan dan komunikasi yang efisien." terangnya pada Selasa (31/11).

Menurutnya, perbedaan harga antara produsen dan konsumen disebabkan oleh berbagai faktor yang mengganggu distribusi pangan. Ini termasuk kemacetan pasokan, kondisi cuaca, biaya transportasi yang tinggi, kualitas infrastruktur, perilaku penjual, dan manajemen inventaris.

Kondisi tersebut akan menyebabkan fluktuasi pasokan pangan dan harganya, yang akan menimbulkan ketidakpastian harga pangan baik di tingkat produsen maupun konsumen, dan dalam kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi inflasi, karena kenaikan harga pangan cukup untuk mempengaruhi daya beli masyarakat.

"Kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah Bupati Batola yang bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok setiap harinya, dengan harapan dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang praktis terjangkau," tukasnya.

Mujiyat berpesan kepada warga untuk berbelanja sesuai kebutuhan mereka, dan tidak pergi karena keinginan. "Krisis inflasi saat ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga peran aktif masyarakat," katanya.

Forkopimda Batola hadir dalam kegiatan ini. Beberapa perusahaan kelapa sawit mendukung Kegiatan Gerakan Pangan Murah. Seperti PT Agribisnis Santosa,  PT Putra Bangun Bersama, PT Barito Putra Plantation, PT Tiga daun Kapuas, PT Tasnida Agro Lestari, PT Anugrah Sawit Andalan. Perusahaan lainnya yaitu cabang Bank Karsel di Marabahan dan took Ain cabang Marabahan.

Bahan utama yang disediakan untuk acara ini adalah minyak goreng seharga Rp 14.000 per liter, gula pasir Rp 14.000 per kg, tepung terigu Rp 11.000 per kg, sirup Rp 10.000 per botol, susu kental manis dengan gula pasir Rp 10.000 per toples, telur Rp 28.000 per kg, beras Rp 57.000 per sak (5 kg), ayam Rp 40.000/kg, cabai rawit Rp 60.000/kg, lada besar Rp 60.000/kg, bawang putih Rp 29.000/kg, bawang merah Rp 17.000/kg.