https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Dana Rp 238,7 Miliar dari BRK Syariah Untuk Peremajaan Sawit Rakyat

Dana Rp 238,7 Miliar dari BRK Syariah Untuk Peremajaan Sawit Rakyat

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) pembiayaan replanting sawit, foto : Dok BRK Syariah

Pekanbaru, kabarsawit.com - PT Bank Riau Kepri (BRK) Syariah membantu pemerintah dalam memfasilitasi peremajaan kebun kelapa sawit petani rakyat. Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk pemberian pembiayaan kepada petani yang memiliki kebun kelapa sawit yang sudah tua.

Sebanyak 89 debitur dengan luas kebun kelapa sawit 178 hektar di Desa Air Putih, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau mendapatkan pinjaman dari BRK Syariah Cabang Air Molek.

Pengalihan kredit tersebut dilakukan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) tiga pihak antara BRK Syariah Cabang Air Molek, PT Asian Agri dan KUD Usaha Tani pada hari Senin (23/10) di Menara Dang Merdu, BRK Syariah.

"Bisnis kelapa sawit memiliki potensi pasar yang menjanjikan, namun masih banyak petani kelapa sawit yang membutuhkan dana untuk peremajaan. Sebagai bank lokal, BRK Syariah akan menangkap peluang ini untuk membantu para petani kelapa sawit dalam meningkatkan produktivitasnya," ujar Hadi Pratikno, Pimpinan Cabang Bank BRK Syariah Cabang Air Molek, dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Penandatanganan PKS tersebut ditandatangani oleh Hadi mewakili BRK Syariah, Dedy Raynold Pardede mewakili PT Inti Indo Sawit Subur, Endin Zainuddin Syam, Sapto Sukrosono dan Wahab mewakili PT Asian Agri dan KUD Usaha Tani. Acara ini dihadiri oleh Direktur Pembiayaan BRK Syariah Tengkoe Irawan, Pemimpin Divisi MKM M. Jazuli, General Manager Head of Partnership Asian Agri, Rudy Rismanto, Ukui Hendra S Saragih, Manajer Kemitraan Wilayah Ukui Hendra S Saragih.

“PKS mengenai pembiayaan replanting juga telah ditandatangani dengan beberapa koperasi lain di berbagai daerah di Riau dan secara keseluruhan hingga September 2023, sudah ada 3.927 nasabah dan Rp 238,7 miliar biaya yang dibayarkan. Dan BRK Syariah berkomitmen untuk membantu para petani kelapa sawit dalam menjaga produktivitasnya," tambah Jazuli.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KUD Usaha Tani Endin Zainuddin Syam mengucapkan terima kasih kepada PKS Tripartit yang telah merealisasikan proyek ini.

“Pembiayaan peremajaan ini merupakan dorongan nyata bagi para petani. Kami berterima kasih kepada Bank Riau Kepri Syariah yang telah mendukung pembiayaan ini," ujar Endin.