https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Soal Harga Sawit, Petani Swadaya di Kaltim Justru Lebih 'Merdeka' Ketimbang Plasma

Soal Harga Sawit, Petani Swadaya di Kaltim Justru Lebih

Ilustrasi - Truk Pengangkut TBS Sawit di Siak.

Kaltim, kabarsawit.com - Harga kelapa sawit khususnya hasil penetapan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus mengalami penurunan. Terakhir, harganya hanya menyentuh Rp2.099,15/kg.

Jika dibandingkan dengan plasma, petani swadaya di Kaltim justru lebih menikmati harga TBS sawit saat ini. Sebab, harga untuk petani swadaya mencapai Rp2.300/kg.

"Saat ini petani swadaya sedikit dapat menikmati hasil kebunnya," ujar Wakil Ketua APKASINDO Kaltim, Daru Widiyatmoko saat berbincang bersama kabarsawit.com, Sabtu (22/7).

Menurutnya, petani akan benar-benar menikmati hasil jika harga kelapa sawit menyentuh angka Rp2.500/kg. Bahkan yang lebih mantap lagi, saat ini bukan hanya harga yang meningkat, melainkan hasil produksi kebun petani swadaya juga mulai naik. "Memang belum masuk panen raya, tapi sudah mulai meningkat produksinya," terang Daru.

"Harga penetapan disbun itu pengaruhnya sangat kecil bagi petani swadaya. Petani swadaya hanya bergantung pada harga komersil yang ditetapkan oleh pabrik di sekitar kebun," imbuhnya