https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Sawit Belum Berbuah, Petani di Bengkulu Tengah Dapat Cuan Lain Dari Pepaya California

Sawit Belum Berbuah, Petani di Bengkulu Tengah Dapat Cuan Lain Dari Pepaya California

Pepaya california di Bengkulu Tengah.

Bengkulu, kabarsawit.com - Petani Sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah telah menemukan solusi cerdas untuk mengatasi masalah pendapatan saat tanaman kelapa sawit belum berbuah. Solusi yang dilakukan yakni dengan menanam pepaya california.

Petani Sawit di Bengkulu Tengah, Suriansyah menjelaskan, bahwa tanaman kelapa sawit membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berbuah dan menghasilkan pendapatan yang signifikan. Oleh karena itu, sebagai strategi untuk tetap memenuhi kebutuhan keluarganya, ia menanam pepaya california diantara tanaman kelapa sawit.

"Tanaman sawit baru berbuah pasir itu membutuhkan waktu 3 tahun, karena itu masih lama, saya tanam diantara tanaman sawit itu tanaman pepaya california," kata Suriansyah saat berbincang dengan kabarsawit.com, Rabu (14/6).

Menurut Suriansyah, membudidayakan pepaya california tidak hanya memberikan pendapatan tambahan, tetapi juga membantunya membeli pupuk yang diperlukan untuk merawat tanaman sawitnya. Hal itu dilakukannya karena dengan memberikan pupuk yang tepat pada waktu yang tepat sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal.

"Kates california memiliki permintaan yang stabil di pasaran dan memberikan hasil yang cukup. Kemudian hasil dari penjualan pepaya, saya dapat membeli pupuk berkualitas dan memastikan tanaman sawit saya tetap sehat dan subur," ujarnya.

Suriansyah mengakui bahwa menanam pepaya california bukanlah tugas yang mudah. Ia harus mempelajari teknik bercocok tanam yang tepat, memantau kondisi cuaca, dan memastikan kualitas bibit yang ditanam. Namun, upayanya terbayar dengan hasil yang memuaskan.

"Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan, sekali panen saya bisa mendapatkan 2 ton pepaya, setiap ton bisa mendapatkan sekitar Rp 6 sampai 7 juta," ujar Suriansyah. 

Selain memenuhi kebutuhan keluarganya, pendapatan dari pepaya california juga memberikan Suriansyah kepercayaan diri dan stabilitas finansial. Dirinya berharap inovasi ini bisa menjadi inspirasi bagi petani lain di Kabupaten Bengkulu Tengah. 

 

"Kami berharap petani sawit di Bengkulu bisa mempertimbangkan untuk menanam pepaya california sebagai sumber pendapatan tambahan," tutupnya.